Rabu, 22 Oktober 2014

Honeycomb Core Paper, Solusi Bagi Usaha Furniture dan Interior

Honeycomb Core Paper, atau biasa disebut dengan honeycomb saja, sepertinya banyak yang belum tahu mengenai benda yang satu ini. Padahal sebenarnya material berbahan dasar kertas daur ulang ini sangat efektif digunakan dalam industri furniture dan interior.

Honeycomb dengan berbagai ukuran thickness (ketebalan)

Apa itu Honeycomb Core Paper dan bagaimana menggunakannya ?

  • Honeycomb adalah struktur 6 sudut yang juga sering digunakan sebagai bahan konstruksi di alam. Lebah madu dengan sarang yang menggunakan struktur ini adalah contohnya.
  • Secara fisik, struktur sarang lebah adalah salah satu bentuk struktur yang paling kuat. 
  • Honeycomb digunakan sebagai pengganti bahan besar (misalnya dalam konstruksi dan panel furniture) 
  • Honeycomb diterapkan dalam konstruksi sandwich yang terdiri dari 2 cover, dengan bingkai di antaranya. Honeycomb ditempatkan dalam bingkai. Dengan cara ini sebuah panel ringan dapat diproduksi dengan kualitas yang hampir sama dengan kualitas material besar.

Keuntungan Menggunakan Honeycomb Core Paper

  • Pengurangan Berat --- Karena strukturnya yang ringan, furniture akan menjadi lebih mudah untuk diangkat, digeser, dipindahkan, dll, yang merupakan keuntungan berkaitan dengan transportasi. Selain itu, berat yang lebih rendah memungkinkan penggunaan bahan jointing ringan. Selain itu, bahan yang ringan tentu membuat ongkos transport dapat ditekan
  • Penghematan kayu --- Kayu adalah bahan baku yang mahal, dan dengan menggunakan kertas biaya menjadi lebih murah. Selain, itu penggunaan honeycomb juga ramah lingkungan, karena mengurangi pohon-pohon yang harus ditebang. 
  • Ramah lingkungan --- Selain mengurangi penebangan pohon, keuntungan honeycomb paper adalah bahwa kertas yang digunakan adalah 100% daur ulang dan setelah digunakan, dapat didaur ulang lagi. 
  • Kesan padat --- Sel-sel kecil memastikan kesan kokoh dari produk
  • Kekokohan dari panel meningkat dengan penggunaan honeycomb
  • Kekuatan kompresi tinggi dari honeycomb memungkinkan produksi panel veneer dalam satu siklus tekan (dalam mesin press)
  • Menurunkan biaya produk akhir --- tergantung pada ketebalan produk dan volume yang digunakan

Ilustrasi perbandingan antara penggunaan kayu glondongan dan  honeycomb

Dari ilustrasi di atas dapat dilihat bahwa untuk membuat suatu produk furniture, misalnya pintu, perbandingannya adalah sebagai berikut:

Dengan penggunaan kayu:
1 truk dapat memuat 8 ton kayu, yang dapat digunakan untuk membuat 250 daun pintu
1 truk = 8 ton kayu = 250 pintu 

Dengan penggunaan honeycomb:
Dengan truk yang sama dapat memuat 8.000 m2 honeycomb, yang dapat digunakan untuk membuat 4.000 daun pintu
1 truk = 8.000 m2 honeycomb = 4.000 pintu 

Dengan perhitungan di atas, dapat dipastikan bahwa dengan menggunakan honeycomb maka biaya produksi dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi kualitas dari produk tersebut.

Aplikasi honeycomb pada furniture dan interior

Tunggu apa lagi?

Kami dari PT. Alpha Utama Mandiri Surabaya siap membantu Anda yang membutuhkan informasi mengenai produk ini. Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya juga dapat mengunjungi kantor kami untuk mengenal produk ini lebih dalam.

*) Jika Anda ingin kami hubungi untuk informasi produk lebih lanjut maupun hanya sekedar share pengetahuan, Anda dapat meninggalkan nama (dan nama perusahaan jika ada) dan nomor telepon yang dapat kami hubungi. 


Contact:
Ika Puteri
Jl. Tanjungsari no. 3 Kavling A8 - A9
Surabaya 60187
SMS / WA 0898 3333 552
BBM 79e0db21
Instagram @harrier_laser



1 komentar:

  1. Bisa minta informasi untuk penggunaan honeycomb di daun pintu ukuran 215x90x5 cm , baik menggunakan jenis yg ukuran berapa ?
    Dan pemakaian idealnya per meter2 berapa ?
    Harga dan ukuran bisa di email kan ke hanz.sumberberkat@gmail.com 085292759541

    BalasHapus